Analisis Partisipasi Masyarakat terhadap Program Kebersihan Sampah di Kota Makassar

Collection Location Perpustakaan PPS UMI, Makassar
Edition
Call Number TES-MIE18 HUS a
ISBN/ISSN
Author(s) HUSNIRAIS
: H. ACHMAD GANI dan JUNAIDIN ZAKARIA.
Subject(s) Ilmu ekonomi
Classification TES-MIE18 HUS a
Series Title
GMD CD-ROM
Language Indonesia
Publisher PPs UMI
Publishing Year 2018
Publishing Place Makassar
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

HUSNIRAIS. Analisis Partisipasi Masyarakat terhadap Program Kebersihan Sampah di Kota Makassar, dengan pembimbing: H. ACHMAD GANI dan JUNAIDIN ZAKARIA.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui dan menganalisis partisipasi masyarakat terhadap kebijakan pemerintah dalam program pengurangan sampah di Kota Makassar, dan 2) Mengetahui dan menganalisis partisipasi masyarakat terhadap kebijakan pemerintah dalam program penanganan sampah di Kota Makassar.
Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Masyarakat Kecamatan Mariso Kota Makassar 59,292 ribu jiwa dan Jumlah yang terdaftar dalam retrebusi sampah pada tahun 2017 berdasarkan informasi yang di peroleh dari Kantor Kecamatan Mariso sebanyak 11,629 Jiwa. Dalam penelitian ini penulis mempersempit populasi yaitu jumlah 581 informan yang dibagi disetiap kelurahan kurang lebih 64 orang penerima retribusi sampah di Kecamatan Mariso Kota Makassar teknik Slovin menurut Sugiyono (2011:87). Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan regresi linier berganda dengan menggunakan Program SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel pengurangan sampah, dan penanganan sampah berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat. Selanjutnya hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel pengurangan sampah, dan penanganan sampah berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat. Dari keduga variabel bebas yang berpengaruh signifikan tersebut, maka variabel penanganan sampah yang berpengaruh dominan terhadap kebijakan pemerintah dalam program penanganan sampah di Kota Makassar.

.
Kata kunci: Pengurangan sampah, penanganan sampah, dan partisipasi masyarakat.
.
.
Specific Detail Info
  Back To Previous