Analisis Penerapan e-Government Tata Kelola Informasi dan Dokumentasi dalam Menjamin Keterbukaan Informasi di KPU Kabupaten Gowa

Collection Location Perpustakaan PPS UMI, Makassar
Edition
Call Number TES-MM18 EKA a
ISBN/ISSN
Author(s) EKA HERMAWATI
. Anis Saleh, Baharuddin S
Subject(s) Manajemen
Classification TES-MM18 EKA a
Series Title
GMD CD-ROM
Language Indonesia
Publisher PPs UMI
Publishing Year 2018
Publishing Place Makassar
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

EKA HERMAWATI. Analisis Penerapan e-Government Tata Kelola Informasi dan Dokumentasi dalam Menjamin Keterbukaan Informasi di KPU Kabupaten Gowa, dibimbing oleh (Prof. Dr. S dan Dr. Ir. Anis Saleh, MT) Baharuddin
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1)menganalisis dan mendeskripsikan penerapan e-government dalam tata kelola informasi dan dokumentasi data Pemilu oleh PPID KPU Kabupaten Gowa, (2) menganalisis pengaruh penerapan e-PPID KPU Kabupaten Gowa terhadap keterbukaan informasi publik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methodsyang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menyimpulkan (1) penerapan e-Government pada KPU Kabupaten Gowa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan dan pedoman teknis berdasarkanPeraturan Komisi Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Informasi.Kinerja PPID KPU Kabupaten Gowa terkait tata kelola informasi dan dokumentasi melalui aplikasi e-government (e-PPID) berjalanoptimal dengan indikasi (a) data terorganisir karena terpusat hanya melalui PPID, (b) efisiensi biaya karena pemohon informasi dapat mengambil data secara digital baik dengan cara datang langsung maupun di laman e-PPID, (c) meningkatkan transparansi dan keterbukaan data karena dapat diakses langsung di laman e-PPID.(2) Berdasarkan hasil pembuktian hipotesis melalui analisis regresi linear berganda, didapatkan persamaan regresi berganda Y=6,674+1,434X, dimana α = 6,674 yang artinya nilai keterbukaan informasi publik (Y) bernilai 6,674 jika penerapan aplikasi e-PPID(X) tidak berpengaruh, β= 1,434 yang artinya setiap kenaikan satu satuan variabel penerapan aplikasi e-PPID (X) maka akan meningkatkan keterbukaan informasi (Y) sebesar 1,434. Hasil uji Fmenunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00. Karena nilai signifikansi < 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel aplikasi e-PPID (X)berpengaruh signifikan terhadap variabel keterbukaan informasi (Y). Hasil uji secara parsial (uji t), didapatkan nilai signifikansi t adalah 0,00. Karena nilai signifikansi < α=0,05 maka tolak H0 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa variabel penerapan e-PPID (X) berpengaruh signifikan terhadap keterbukaan informasi publik (Y). Hasil koefisien determinasi (R^2) menunjukkan nilai 0,861 atau 86,1%. Hal ini menunjukkan bahwa86,1% variabel keterbukaan informasi publik dipengaruhi oleh variabel penerapan aplikasi e-PPID, sedangkan sisanya 13,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci : e-Government, Tata Kelola Informasi dan DokumentasI, Keterbukaan Informasi, PPID KPU Gowa
Specific Detail Info
  Back To Previous