Efektifitas Penerapan Pasal 72 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 (Studi Kasus pada Pemerintah Kota Parepare

Collection Location Perpustakaan PPS UMI, Makassar
Edition
Call Number TES-MH18 GUN e
ISBN/ISSN
Author(s) GUNTUR. M
H. Muhammad Syarief Nuh,H.Kamal Hijaz
Subject(s) Ilmu hukum
Classification TES-MH18 GUN e
Series Title
GMD CD-ROM
Language Indonesia
Publisher PPs UMI
Publishing Year 2018
Publishing Place Makassar
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
GUNTUR. M Nim. 0182-37-2012 dengan Judul “Efektifitas Penerapan Pasal 72 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 (Studi Kasus pada Pemerintah Kota Parepare)”. Dibimbing oleh H. Muhammad Syarief Nuh selaku Pembimbing I dan H. Muh. Kamal Hidjaz selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan bagaimana penerapan Pasal 72 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dalam pengangkatan/promosi jabatan struktural Pegawai Negeri Sipil di Kota Parepare serta untuk mengetahui faktor penghambat penerapan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Parepare dengan objek penelitian pada Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Parepare. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara langsung dengan informan pada lokasi penelitian yang kompeten dan relevan dengan topik yang terdiri dari Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Parepare, Kasubbid Mutasi dan Evaluasi Kinerja, dan anggota Tim Evaluasi Kinerja, selain itu juga dilakukan penyebaran kuisioner kepada responden yang terdiri dari Pejabat Eselon III dan IV pada 10 Satuan Kerja Perangkat Daerah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pasal 72 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dalam pengangkatan jabatan struktural pegawai di Kota Parepare belum efektif karena pengukuran kompetensi aparatur untuk menduduki jabatan dalam setiap jenjang belum melalui proses tes kompetensi dan wawancara kompetensi (kecuali jabatan eselon II), sehingga dasar pertimbangan kompetensi masih didasarkan tingkat pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, kepangkatan serta loyalitas serta penilaian Daftar Penilaian Pekerjaan Pegawai/Sasaran Kerja Pegawai. Kurang efektifnya penerapan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dikarenakan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu masih adanya promosi pegawai yang didasarkan atas kedekatan atau kebijakan yang bersifat politis, dan keterbatasan Sumber Daya Manusia yang dimiliki, menyebabkan penempatan aparatur dalam jabatan tidak sesuai syarat jabatan.
Oleh karena itu disarankan agar ada komitmen pemerintah untuk mewujudkan sistem merit dengan memanfaatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia sehingga lahir aparatur yang kompeten dibidangnya
Specific Detail Info
  Back To Previous