Pengaruh Corporate Governance, Profitabiltas, dan Likuiditas terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (

Collection Location Perpustakaan PPS UMI, Makassar
Edition
Call Number TES-MAK18 ISM p
ISBN/ISSN
Author(s) Ismail
H. Mahfudnurnajamuddin dan Asriani Junaid)
Subject(s) Akuntansi
Classification TES-MAK18 ISM p
Series Title
GMD CD-ROM
Language Indonesia
Publisher PPs UMI
Publishing Year 2018
Publishing Place Makassar
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
ISMAIL. 2018. Pengaruh Corporate Governance, Profitabiltas, dan Likuiditas terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (dibimbing H. Mahfudnurnajamuddin dan Asriani Junaid).
Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate governance, profitabilitas dan likuiditas terhadap agresivitas pajak perusahaan.
Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan yang telah diaudit serta dipublikasikan dalam website Bursa Efek Indonesia (BEI). Tercatat 124 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dalam periode pengamatan tahun 2012 hingga tahun 2016 dan 34 perusahaan yang dijadikan kriteria sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi berganda, serta pengujian hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F. Data dianalisis menggunakan program SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen corporate governance yang diproksikan kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. pajak perusahaan. Sedangkan elemen corporate governance yang diproksikan komisaris independen dan kualitas audit berpengaruh positif terhadap agrevitas pajak. Sedangkan variable profitabilitas dan likuiditas berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak.
Kata Kunci: Corporate governance, profitabilitas, likuiditas, dan agresivitas pajak
Specific Detail Info
  Back To Previous