Efektivitas Pelaksanaan Pembuktian Terbalik Dalam Tindak Pidana Korupsi

Collection Location Perpustakaan PPS UMI, Makassar
Edition
Call Number TES-MH18 AND e
ISBN/ISSN
Author(s) ANDI PUTRA RADIANSYAH
H. Ma’ruf Hafidz dan Ilham Abbas,
Subject(s) Ilmu hukum
Classification TES-MH18 AND e
Series Title
GMD CD-ROM
Language Indonesia
Publisher PPs UMI
Publishing Year 2018
Publishing Place Makassar
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
ANDI PUTRA RADIANSYAH NIM 0069.02.42.2015 dengan judul “ Efektivitas Pelaksanaan Pembuktian Terbalik Dalam Tindak Pidana Korupsi, dibimbing oleh H. Ma’ruf Hafidz dan Ilham Abbas, yang masing-masing selaku ketua dan anggota pembimbing .
Tujuan Penulisan yaitu mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan pembuktian terbalik dalam penyelesaian perkara tindak pidana korupsi dan faktor-faktor yang bepengaruh terhadap efektivitas pelaksanaan pembuktian terbalik dalam tindak pidana korupsi
.
Metode Penelitian yaitu penelitian empiris yang berdasarkan pada kenyataan di lapangan atau melalui observasi (pengamatan) langsung dilapangan melalui wawancara kepada jaksa penuntut umum pada bagian tindak pidana khusus Kejaksaan Negeri Makassar dan hakim Ad-Hoc pada bagian tindak pidana korupsi Pengadilan Negeri Makassar. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis kualitatif .
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan pembuktian terbalik dalam penyelesaian perkara tindak pidana korupsi telah terlaksana namun kurang efektif. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas pelaksanaan pembuktian terbalik dalam tindak pidana korupsi yaitu subtansi hukum, struktur hukum, dan budaya hukum namun yang paling berpengaruh yaitu struktur hukum.
Rekomendasi penelitian bahwa menurut jaksa penuntut umum dan hakim Ad-Hoc proses pembuktian terbalik masih kurang efektif dalam prakteknya sehingga perlu diadakan perubahan-perubahan terhadap undang-undang yang mengatur tentang sistem pembuktian terbalik yang berlaku di Indonesia.
Specific Detail Info
  Back To Previous