PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Collection Location Perpustakaan PPS UMI, Makassar
Edition
Call Number DIS-DIM18 HIK p
ISBN/ISSN p
Author(s) Hikma Niar
Abdul Rahman Mus ,Masdar Mas,ud, Mursalim
Subject(s) Doktor Manajemen
Classification DIS-DIM18 HIK p
Series Title
GMD CD-ROM
Language Indonesia
Publisher PPs UMI
Publishing Year 2018
Publishing Place Makassar
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
HIKMA NIAR. Pengaruh Keputusan Investasi, Struktur Modal dan Pertumbuhan Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Dibimbing oleh Abdul Rahman Mus selaku Promotor, Masdar Mas’ud dan Mursalim selaku Ko Promotor.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh Keputusan investasi terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur di BEI. 2) Pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur di BEI. 3) Pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur di BEI. 4) Pengaruh keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI. 5) Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI. 6) Pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI. 7) Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 149 perusahaan, sampel penelitian sebanyak 55 perusahaan, periode tahun 2014-2016. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Strukture Equetion Modeling (SEM) dengan bantuan program Analisis Moment of Strukture (AMOS) versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keputusan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. 2) Struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. 3) Pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. 4) Keputusan investasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. 5) Struktur modal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. 6) Pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. 7) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Keputusan Investasi, Struktur Modal, Pertumbuhan, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan
Specific Detail Info
  Back To Previous