IMPLEMENTASI PENERAPAN ASAS HUKUM IUS CURIA NOVIT TERHADAP PUTUSAN HAKIM UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN BAGI PARA PENCARI KEADILAN (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Sengkang)

Collection Location Perpustakaan PPS UMI, Makassar
Edition
Call Number TES-MH18 MAR i
ISBN/ISSN
Author(s) MARWAH AMIR
Ma’ruf Hafidz dan H. Hamza Baharuddin
Subject(s) Ilmu hukum
Classification TES-MH18 MAR i
Series Title
GMD CD-ROM
Language Indonesia
Publisher PPs UMI
Publishing Year 2018
Publishing Place Makassar
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
MARWAH AMIR, Nomor Induk Mahasiswa : 0016.02.41.2014
Implementasi Penerapan Asas Hukum Ius Curia Novit Terhadap Putusan Hakim Untuk Membangun Kepercayaan Bagi Para Pencari Keadilan di Pengadilan Negeri Sengkang
Dibimbing oleh H. Ma’ruf Hafidz dan H. Hamza Baharuddin
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi penerapan asas hukum ius curia novit serta faktor-faktor yang mempengaruhi, terhadap putusan hakim untuk membangun kepercayaan bagi para pencari keadilan di Pengadilan Negeri Sengkang.
Tipe dalam penelitian ini adalah gabungan antara Penelitian Normatif dan Penelitian Empiris. Lokasi Penelitian di Kabupaten Sengkang, Provinsi Sulawesi Selatan. Khususnya di Kantor Pengadilan Negeri Sengkang. Waktu Penelitian selama 2 (dua) bulan. Data yang dikumpulkan dilakukan melalui studi kepustakaan. Studi kepustakaan yaitu dengan melihat buku literatur, kumpulan bahan hukum kuliah, dan peraturan perundang-undangan, sehingga menjadi pedoman dalam pembuatan karya tulis ini.
Hasil penelitian Implementasi penerapan asas hukum ius curia novit terhadap putusan hakim menjelaskan bahwa : hakim mempunyai hak membuat peraturan sendiri untuk menyelesaikan suatu perkara, sehingga apabila undang-undang tidak memberikan peraturan yang dapat dipakainya untuk menyelesaikan suatu perkara, hakim harus membuat peraturan sendiri dengan menetapkan suatu Keputusan Hakim. Keputusan Hakim tersebut menjadi sumber hukum bagi pengadilan. Keputusan seperti ini disebut hukum yurisprudensi. Faktor yang mempengaruhi implementasi penerapan asas hukum ius curia novit terhadap putusan hakim untuk membangun kepercayaan bagi para pencari keadilan di Pengadilan Negeri Sengkang, antara lain : Faktor Struktur Hukum, Faktor Substansi Hukum dan Faktor Budaya Hukum.
Saran oleh penulis yaitu : Penemuan hukum dengan melakukan penafsiran oleh hakim yang kemudian dituangkan dalam Keputusan Hakim (Yurisprudensi) tersebut sangat diperlukan, karena penyusunan suatu undang-undang yang memerlukan waktu yang sangat lama, membuat hakim seringkali harus memperbaiki undang-undang, agar sesuai dengan kenyataan yang hidup dalam masyarakat. Peranan Hakim dalam membentuk yurisprudensi mendapat posisi yang sangat stategis dalam peningkatan pembangunan hukum sehingga dapat memberikan warna dan tujuan Nasional yang akan dikembangkan terutama dalam membangun Sistem Hukum.
Specific Detail Info
  Back To Previous